In My Room

Mitos atau Fakta: Kedutan Mata Kiri Sebelah Atas

Tulisan ini iseng sekali. Malah iseng banget haha

Sebenarnya aku nulis ini untuk menjawab pertanyaanku sendiri. Trus aku mikir siapa tahu juga bermanfaat bagi yang baca postingan ini.

Udah beberapa hari ini—semenjak tulisan ini diposting, itu artinya sudah seminggu lebih— mataku berkedut terus sebelah kiri atas. Nggak terus-terusan sih, Cuma sekali-kali. Itupun sekali berkedut, setelah itu berhenti. Pertama sih mau cerita ke Mama, tapi mengingat si Mama orangnya hebohan (ingatkan diri sendiri untuk nggak jadi Bunda yang heboh-an ketika anaknya cerita) aku jadi malas ceritanya—soalnya mama percaya kalau mata berkedut sebelah kiri, itu bakal ada sesuatu yang terjadi— Si Mama bisa ngulang-ngulang mitos tentang mata berkedut setiap satu jam sekali. Jadi semacam orang parno gitu. Nah siapa coba yang mau direcoki dengan parno-an orang tua yang aku sendiri nggak percaya mitosnya.

Yup, aku akan ngebahas sedikit dari mitos, setelah itu kita akan lihat penjelasan ilmiahnya.

Menurut primbon jawa  arti mata berkedut pertanda “bahwa sesuatu akan terjadi dalam waktu dekat pada mereka yang mengalaminya. Meski sedikit mengganggu –apalagi jika kekuatan kedutan terlalu kencang dan berlangsung terus menerus, orang yang mengalami kedutan mata kiri atas ini dipercaya akan mengalami sebuah keberuntungan.”

Nah si Mama suka artikan “ada sesuatu yang terjadi itu” sebagai pertanda buruk. Jadi itu mungkin alasan mama sedikit ceriwis dan cerewet ingatin aku tentang “sesuatu” itu.

Sebagai tambahan aja, ada 4 keberuntungan bagi yang mengalami mata berkedut bagian kiri sebelah atas yang berlangsung dengan cepat dan terus menerus, menurut Primbon Jawa

  1. Pertanda akan bertemu seseorang yang lama dirindukan

  2. Pertanda akan menemukan barang yang sudah lama dicari

  3. Pertanda akan memperoleh keberuntungan atau rezeki

  4. Pertanda akan terkabulnya keinginan lama

Masing-masing penjelasan bisa kalian baca di sini

Menurut aku itu mustahil sekali, kan? Aku nggak percaya sama mitos di atas. Tapi karena aku belum dapat jawaban dari pertanyaanku, kenapa mataku terus berkedut, aku cari penjelasan secara ilmiahnya.

Dan ini dia,

“Menurut Dr. Karen Wolfe, penulis buku ‘Create The Body Your Soul Desires’, mata kedutan bisa menjadi pertanda bahwa tubuh anda sedang mengalami gangguan ringan.

Kedutan atau istilah medisnya Blepharospasm (Beb) adalah kontraksi otot tak terkontrol yang menyebabkan kontraksi sekitar mata. Jika Anda terus-menerus mengalami mata kedutan tanpa henti, bisa jadi merupakan gejala gangguan saraf.

Oke pas baca bagian ini jantung aku udah deg deg kan. Sempat takut nge-scroll kebawah.

Tapi, bila hanya sesekali mengalaminya, mata kedutan secara medis bisa berarti Anda sedang stres, kurang tidur, atau terlalu lama melihat di tempat yang sama dalam waktu lama (misalnya, terlalu lama melihat layar komputer). Full artikel bisa lihat di sini

Disini sedikit lega, karena penjelasan ini paling masuk akal setelah bolak-balik aku baca primbon jawa itu.

Ya, aku menang kurang tidur belakangan ini dan sering berinteraksi dengan komputer atau buku. Sumpah, aku nggak bisa ngejelasin gimana leganya perasaan aku pas baca ini.

Aku belum nemuin solusi yang tepat. Paling-paling aku hanya bisa mengantisipasi dengan mengurangi kafein, atau cukup tidur. Meski kedua hal tersebut sulit sekali. Dan mungkin  karena kekerasan kepalaku itu pula, mataku berkedut terus sampai sekarang. Nggak berhenti-berhenti.

Tapi setelah nyari-nyari di internet, aku jadi paham beberapa kondisi tubuh  diri sendiri yang sering kali dikaitkan dengan mitos yang memiliki arti nyeremin atau arti yang bagus. Namun, aku nggak mau tergantung pada mitos yang ngga bisa aku jelaskan. Aku nggak mau jadi Bunda yang menjelaskan segala sesuatu pada Zayan tergantung pada mitos, meski nggak pernah ada salahnya mengajarkan mitos pada anak-anak. Tapi setidaknya, biarkan mereka berpikir bahwa ada penjelasan setiap masalah.

Bahkan Allah menciptakan jawaban kenapa bumi bisa terbentuk, atau kenapa adanya hujan, kenapa bisa adanya planet-planet,  padahal itu adalah sesuatu yang mustahil pada mulanya, kan?

Well, saranku sih di zaman dimana internet adalah sesuatu yang cukup mudah di akses, jangan malas cari tahu jika ada yang mengganjal keingintahuan kamu. Nggak ada salahnya kok. Bisa jadi berguna buat kamu sendiri dan berguna buat orang lain ketika kamu menyebarkannya. Bukan hanya orang pintar yang bisa mencari jawaban, kita orang biasa pun bisa melakukannya.

Percaya mitos sih boleh aja,tapi nggak ada ruginya kan mencari tahu …

 

Leave a Reply

